Bermain Pasir Ternyata Banyak Manfaatnya! Apa Saja?

Banyak orangtua yang khawatir ketika melihat anaknya bermain tanah atau pasir. Takut kotorlah, kuman, penyakit dan lain-lain. Padahal, sebenarnya bermain pasir sangat baik bagi anak. Ada banyak manfaat yang bisa didapat mereka dengan bermain pasir seperti di bawah ini. Oleh karena itu, seharusnya Anda tak melarang mereka melakukannya.

Jika Anda tak mau mereka kotor, bau dan sakit karena kuman di pasir, Anda bisa menggunakan DOREMI Thomas & Friends. Produk DOREMI seperti shampoo anak dan kondisioner atau body wash akan terus menjaga kesegaran mereka. Melalui program #GreatAdventureAwaits-nya, anak juga diajak aktif bergerak tanpa harus takut kotor.

  1. Manfaat Sensori

Pasir adalah media yang bisa memberikan pengalaman sensori pada anak. Itu dikarenakan teksturnya yang beragam. Ada halus, kasar serta berbulir. Anak akan mempelajari tekstur pasir baik yang kering ataupun basah. Kemampuan mereka untuk belajar tekstur pasir ini bisa membuat kemampuan sensori anak semakin terasah.

Sensori yang terasah ternyata baik juga untuk perkembangan mereka. Dengan begitu, mereka bisa membedakan banyak benda dengan teksturnya dan tentu saja mempengaruhi perkembangan daya pikir mereka.

  1. Kreativitas

Pasir juga bisa berfungsi sebagai wadah kreativitas anak. Salah satu contohnya adalah mereka bisa menuangkan imajinasi mereka dengan pasir tersebut dengan membangun istana pasir atau yang lain. Untuk itu, sebaiknya lengkapi aktivitas bermain pasir anak dengan beberapa perlatan pendukung yang tentu saja aman bagi mereka.

Peralatan itu bisa berupa sekop mainan, ember, dan masih banyak lagi. Biarkan mereka membuat pasir menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreativitas dan imajinasinya. Bila Anda hendak membantu, tunggu mereka meminta tolong. Itupun hanya sebatas membantu, ya! Jangan mengatur mereka dengan banyak hal karena itu malah menghambatnya.

  1. Sosialisasi

Bermain pasir akan tambah seru bila bersama dengan teman. Apalagi bila mereka berlomba membuat bangunan dari pasir ataupun membuat bangunan bersama. Hal ini akan membuat mereka belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain. Biarkan mereka bekerja sama dengan temannya tanpa harus dibantu.

Dengan begitu, kemampuan sosialisasinya akan berkembangan dengan baik. Kemampuan sosialisasi ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak, terutama ketika mereka sudah menginjak bangku sekolah.

  1. Melatih Fisik

Saat bermain pasir, tak hanya kreativitas dan imajinasi saja yang terasah tetapi juga kemampuan fisik. Ini dikarenakan mereka menggunakan kedua tangannya untuk mengangkat pasir dan membuatnya menjadi beragam bentuk. Bermain pasir yang melibatkan aktivitas fisik seperti ini bisa membuat mereka selalu sehat dan bugar.

Jadi, anggapan bahwa bermain pasir malah membuat anak-anak sakit justru salah. Malah sebaliknya, mereka bisa jadi sehat karena terus bergerak aktif saat membangun suatu bentuk. Mereka malah akan terlihat segar dan ceria bila sudah puas.

  1. Meredakan Emosi

Manfaat terakhir dari bermain pasir adalah meredakan emosi. Anak yang sedang marah bila diajak bermain pasir pasti perasaannya akan berubah menjadi tenang. Begitu juga yang tengah bersedih. Suasana bermain yang menyenangkan dan berada di alam bebas membuat mereka jadi lebih ceria.

Nah, sudah tahu kan manfaat dari bermain pasir bagi anak? Jadi, jangan larang mereka untuk berekplorasi. Percayakan kebersihan dan kesegaran mereka dengan berbagai varian produk dari DOREMI Thomas & Friends seperti shampo, kondisioner, mist clogne, serta body wash-nya yang penuh dengan keharuman buah-buahan yang segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *