Beginilah Cara Membersihkan Busi yamaha !

accesories detail

Busi merupakan elemen penting dalam sebuah kendaraan bermotor, salah satunya busi pada motor yamaha. Busi yamaha ini sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin yang ada pada motor tersebut. maka dari itu pembersihan busi dan penggantian busi secara rutin perlu anda lakukan agar performa mesin pada motor anda tetap terjaga sehingga aman ketika digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Busi ini berfungsi untuk melepaskan suhu panas pada sebuah ruang pembakaran yang ada pada sebuah kendaraan bermotor. Selain itu biasanya busi juga digunakan untuk mengecek kerusakan yang ada pada mesin motor anda. busi ini ada berbagai macam, diantaranya adalah busi nickel atau busi pabrikan, busi platinum, dan juga busi iridium.

Busi nickel atau busi standard merupakan busi pabrikan yang biasanya sudah terpasang pada saat anda membeli sebuah motor baru. Busi yang memiliki kandungan material nickel ini memerlukan perawatan yang baik dan benar agar bisa bekerja degan optimal, karena jika tidak dirawat dengan benar busi pabrikan ini bisa mengakibatkan pengendapan pada bagian ruang pembakaran sehingga mengakibatkan mesin overheat. Selain itu untuk masalah lebih lanjutnya lagi motor anda bisa mati secara mendadak di tengah-tengah perjalanan. Busi standar ini harus diganti setiap mencapai 20 rb kilomter, karena jika dipakasakan maka hal-hal yang tidak diinginkan tersebut bisa terjadi pada motor anda.

Busi platinum merupakan busi kelas menengah yang memiliki itik lebur yang lebih tinggi dari busi yang memiliki bahan materal nickel. Dengan titik lebur yang tinggi ini maka diharapkan pembakaran pada motor bisa sempurna dan juga menghemat daya pakai bahan bakar.jika anda menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan rendah, busi paltinum ini akan cepat hitam. Maka dari itu anda harus menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi.

Busi Iridium bisa dibilang busi yang memiliki titik lebur yang sangat tinggi dan juga biasanya disebut dengan busi semi racing. Busi ini merupakan busi yang menggunakan bahan logam mulia yang dikembangkan dengan teknologi, sehingga dengan adanya busi iridium ini diharapkan dapat meningkatkan performa mesin motor yang anda miliki. Selain itu sistem pembakarannya pun diharapkan bisa lebih sempurna.

Namun ada baiknya sebelum anda melakukan penggantian busi, bertanyalah pada ahlinya atau montir yang sudah berpengalaman. Selain mengganti busi, anda juga bisa melakukan perawatan terhadap busi dengancara membersihkannya, berikut ini adalah cara membersihkan busi yamaha yang perlu anda ketahui:

  1. Buka Tutup Businya

Cara pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membuka tutup businya dengan baik dan benar, karena jika anda membuka tutup businya dengan cara yang salah, maka bias memutuskan kabel yang ada pada busi, maka dari itu anda perlu berhati-hati ketika membuka tutup busi.

  1. Lepaskan Busi

Setelah membuka tutup busi, maka cara selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melepas busi dari motor anda. untuk melepas busi pada motor, anda perlu menggunakan sebuah kunci khusus untuk membukanya.

  1. Rendam Busi

Setelah busi berhasil dilepaskan dari motor anda, maka anda perlu memasukan busi ke dalam wadah yang sudah berisi bensin. Merendam busi pada bensin dapat mempermudah anda dalam membersihkan kotoran yang ada pada busi.

  1. Bersihkan dengan Sikat Kawat dan Keringkan

Jika sudah direndam maka anda bisa membersihkan kotoran pda bagian busi yang kotor secara perlahan kemudian mengeringkannya.

Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan, maka selanjutnya anda tinggal memasangkan kembali busi ke motorĀ  dan cobalah tes dengan menyalakan motor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *