6 Cara Mengajari Anak Memasak Hidangan Favorit

Kegiatan bermain sekaligus belajar yang bisa dilakukan di rumah yaitu memasak bersama anak. Biasanya anak hanya dapat menikmati makanan yang dimasak oleh ibunya, namun kali ini ia ikut terjun ke dapur Memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan jika Anda tahu tips parenting yang tepat. Simak tips berikut dan selamat memasak bersama buah hati.

  • Jadwalkan Waktu Memasak Bersama

Anda bisa memilih satu hari dalam seminggu sebagai waktu memasak bersama anak. Jika Anda bekerja, akhir pekan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan pada hari tersebut tidak ada yang melakukan kegiatan lain, seperti menonton televisi atau kegiatan lain di luar kegiatan memasak.

Jika Anda punya pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari tersebut, sebaiknya kerjakan lebih awal agar satu hari yang sudah dijadwalkan tidak perlu dibatalkan dan membuat anak kecewa. Kesepakatan yang sudah dibuat seharusnya dipatuhi baik oleh Anda maupun si kecil

  • Pilih Resep yang Mudah

Si kecil bisa memilih salah satu hidangan favorit yang akan dibuat. Resep tersebut harus sederhana dan tidak membutuhkan cara yang rumit agar si kecil tidak cepat bosan. Hal lain yang bisa dipilih yaitu resep pilihan anak di buku masakan.

Resep masakan yang bisa dipakai misalnya resep membuat pancake, nasi goreng rumahan, donat, kue kering dengan aneka bentuk, atau pasta. Resep seperti itu akan memudahkan Anda berkreasi dengan si kecil. Anda juga bisa mengajarinya membuat garnish serta cara plating yang menarik.

  • Sabar dalam Mengajari Anak

Orang tua harus bersabar jika memilih kegiatan memasak bersama anak. Anda harus memaklumi jika beberapa alat akan menjadi berantakan. Selain itu, waktu memasak akan menjadi lebih lama daripada Anda memasak sendiri. Biarkan anak berkreasi namun tetap di bawah pengawasan Anda. Otak anak akan lebih kreatif dalam memilih cara yang menurutnya seru dalam memasak.

  • Izinkan Anak Mencicipi Masakannya Terlebih Dulu

Setelah memasak, hal yang paling seru adalah mencicipi masakan. Berikan kesempatan pertama bagi si kecil mencicipi masakan hasil kreasinya. Anak akan senang karena menganggap Anda mengutamakan dan menghargai hasil kerja kerasnya.

  • Ajarkan Mengikat Rambut

Nilai kebersihan sederhana yang bisa diajarkan pada anak yaitu mengikat rambut. Rambut yang tidak diikat bisa saja jatuh ke dalam makanan yang dimasak sehingga makanan menjadi kotor. Hal tersebut bisa Anda jelaskan kepada si kecil sebagai pembelajaran kebersihan.

  • Cuci Tangan Sebelum Memegang Makanan

Cuci tangan sebelum memasak merupakan hal yang penting untuk diajarkan kepada si kecil. Kebersihan makanan berawal dari yang memasak. Dengan hal sederhana ini, anak akan belajar untuk rutin cuci tangan sebelum makan.

Meluangkan waktu untuk anak menjadi kewajiban orang tua terhadap anaknya. Anak boleh saja memasak di dapur tetapi jangan sampai lepas dari pengawasan. Anda harus memerhatikan jika anak mulai memegang pisau dan mendekati kompor. Lakukan tips parenting cara mengajari anak memasak agar terhindar dari bahaya di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *